TERMS AND CONDITIONS

Klinika tidak menggantikan peranan dokter dan/atau fasilitas pelayanan kesehatan yang biasa menangani Anda.

Fungsi platform Klinika adalah sebagai perpanjangan tangan dari praktek dokter di fasilitas kesehatan masing-masing.

Paramedis memutuskan untuk menghubungi dokter melalui Klinika saat dimana tidak tersedianya dokter di daerahnya; atau bilamana pasien telah menyatakan penolakan untuk berkunjung ke dokter. Paramedis yang melalukan konsultasi melalui Klinika dianggap telah mendapatkan persetujuan / informed consent dari pasien terkait. Pendampingan akan dilakukan melalui telekonsultasi dan dokter di Klinika hanya berpegang pada informasi dan pemeriksaan yang dilakukan oleh perawat.

Dokter di Klinika berhak menolak memberikan saran bilamana kasus Anda atau yang Anda konsultasikan dinilai sebagai gawat darurat (emergensi).

Dokter Klinika dapat menolak memberikan layanan kesehatan bilamana terdapat potensi penyalahgunaan layanan.

Pengguna mengetahui bahwa dokter akan memberikan konsultasi sesuai dengan data Pengguna yang didaftarkan pada saat registrasi dan keluhan yang telah dimasukkan.

Sebelum menggunakan Produk Klinika ini, Anda diharuskan membaca dan memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku sebagaimana dituliskan di bawah ini ("Syarat & Ketentuan"). Syarat dan Ketentuan ini berlaku secara penuh bagi setiap pengguna Produk Klinika, isi dan/atau konten, layanan, serta fitur lainnya yang ada di klinika.id, atau produk-produk lainnya yang dikeluarkan oleh PT Integra Klinika Indonesia. Dengan mengakses atau menggunakan Situs klinika.id, informasi, Aplikasi, atau produk-produk lainnya yang dikeluarkan oleh PT Integra Klinika Indonesia ("Produk Klinika"), berarti Anda telah memahami dan menyetujui serta terikat dan tunduk dengan segala Syarat dan Ketentuan ini.

  1. DEFINISI
    Setiap kata atau istilah berikut yang digunakan di dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti seperti berikut di bawah, kecuali jika kata atau istilah yang bersangkutan di dalam pemakaiannya dengan tegas menentukan lain:
    1. "Kami" atau "Klinika", berarti PT Integra Klinika Indonesia selaku pemilik, pengembang, dan pengelola situs klinika.id, dan berbagai Produk Klinika.
    2. "Anda", berarti tiap orang yang mengakses dan menggunakan layanan dan jasa yang disediakan oleh Kami.
    3. "Layanan", berarti tiap dan keseluruhan jasa serta informasi yang ada pada Produk Klinika.
    4. "Penyedia Jasa Kesehatan", berarti para Dokter, klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat ("Puskesmas"), balai pengobatan, ataupun fasilitas kesehatan lainnya sebagaimana yang diatur dan diakui oleh peraturan perundang-undangan mengenai kesehatan di Indonesia.
    5. "Pengguna", merupakan individu yang memiliki hak untuk mengadakan perjanjian terikat berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk menggunakan layanan dan jasa yang disediakan oleh Kami, serta telah berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian, termasuk diantaranya Pengguna Belum Terdaftar dan Pengguna Terdaftar.
    6. "Pengguna Terdaftar", berarti tiap orang yang mengakses dan menggunakan layanan dan jasa yang disediakan oleh Kami, serta telah melakukan registrasi dan memiliki akun pada Produk Klinika Kami.
    7. "Aplikasi" merupakan segala produk di bidang teknologi informasi yang dikembangkan dan dikelola oleh Klinika, termasuk namun tidak terbatas pada segala bentuk fitur, layanan, konten, ataupun informasi yang terdapat dalam aplikasi dan situs Klinika, seperti, "Cari Dokter", “Pengingat Antrian”, dan lain sebagainya. Penamaan fitur, layanan, konten, ataupun informasi yang terdapat dalam aplikasi dan situs Klinika sebagaimana disebutkan di dalam Perjanjian ini dapat berubah dari waktu ke waktu, berdasarkan keputusan internal Klinika.
    8. Dokter merupakan setiap
      1. dokter, baik dokter umum maupun spesialis;
      2. klinik;
      3. rumah sakit;
      4. laboratorium;
      5. dan/atau penyedia layanan kesehatan lainnya yang terdaftar atau ditampilkan di dalam Aplikasi Klinika.
    9. "Profil", berarti data pribadi yang digunakan oleh Pengguna, dan menjadi informasi dasar bagi Pengguna.
    10. "Informasi Pribadi", berarti tiap dan seluruh data pribadi yang diberikan oleh Pengguna Produk Klinika, termasuk namun tidak terbatas pada nama, nomor identifikasi, data kesehatan, lokasi pengguna, kontak pengguna, serta dokumen dan data lainnya sebagaimana diminta pada formulir pendaftaran akun atau formulir lainnya pada saat menggunakan Produk Klinika.
    11. "Konten", berarti teks, data, informasi, angka, gambar, grafik, foto, audio, video, nama pengguna, informasi, aplikasi, tautan, komentar, peringkat, desain, atau materi lainnya yang ditampilkan pada Produk Klinika.
  2. LAYANAN DAN/ATAU JASA
    Melalui Aplikasi Klinika, Klinika memberikan jasa pendukung pelayanan kesehatan. Berikut ini adalah ketentuan umum terkait layanan dan/atau jasa yang kami berikan melalui Produk Klinika:
    1. Informasi yang terdapat dalam Produk Klinika ditampilkan sesuai keadaan kenyataan untuk tujuan informasi umum. Kami berusaha untuk selalu menyediakan dan menampilkan informasi yang terbaru dan akurat, namun Kami tidak menjamin bahwa segala informasi sesuai dengan ketepatan waktu atau relevansi dengan kebutuhan Anda.
    2. Layanan yang Kami berikan tidak bersifat memaksa atau mengikat, serta tidak mengharuskan Anda untuk mengikuti informasi yang tersedia. Tidak ada situasi atau keadaan apapun yang dapat membuat Kami dikenakan tanggung jawab atas kemungkinan kerugian yang Anda alami karena pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Anda sendiri terkait tindakan atas informasi produk yang kami sampaikan di Produk Klinika.
    3. Kami memiliki hak untuk kapan saja menampilkan, mengubah, menghapus, menghilangkan, atau menambahkan segala konten yang ditampilkan dalam Produk Klinika.
  3. APLIKASI KLINIKA
    Dalam Aplikasi, terdapat fitur atau layanan yang termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Cari Dokter
      1. Cari Dokter merupakan direktori Dokter yang disediakan oleh Klinika agar Pengguna dapat menemukan Dokter yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kondisinya.
      2. Dalam menggunakan fitur Cari Dokter, Pengguna menyetujui bahwa atau untuk:
        • Membebaskan Klinika dari segala bentuk tanggung jawab yang dapat timbul atas informasi yang diberikan oleh Klinika dalam fitur Cari Dokter.
        • Berbagai informasi dalam dalam fitur Cari Dokter disediakan untuk membantu Anda dalam memilih Penyedia Jasa Kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas tiap dan seluruh keputusan terkait pemilihan produk dan layanan, atau dalam mengambil tindakan-tindakan medis setelah konsultasi medis dengan Penyedia Jasa Kesehatan.
        • Klinika tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian jadwal Dokter yang ditampilkan dalam layanan Cari Dokter. Seluruh informasi yang ditampilkan dalam layanan Cari Dokter merupakan tanggung jawab Dokter sepenuhnya. Tanggung jawab Klinika hanyalah dalam hal penyediaan teknologi yang menjembatani atau memfasilitasi komunikasi atau interaksi antara Pengguna dan Dokter.
    2. Pengingat Antrian
      1. Pengingat antrian merupakan fitur untuk mengingatkan pengguna ketika antrian untuk menemui dokter hampir tiba.
  4. PENGGUNAAN LAYANAN DAN JASA
    Dengan Anda melanjutkan penggunaan atau pengaksesan Produk Klinika, berarti Anda telah menyatakan serta menjamin kepada Kami bahwa:
    1. Anda hanya diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Produk Klinika untuk keperluan pribadi dan non-komersil, yang berarti bahwa Produk Klinika hanya boleh diakses dan digunakan secara langsung oleh Pengguna. Akses dan penggunaan Produk Klinika diluar dari keperluan pribadi atau non-komersil dilarang keras, dan melanggar Syarat dan Ketentuan ini
    2. Anda tidak diperkenankan untuk, serta berjanji untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini:
      1. Mengalihkan akun Pengguna di Produk Klinika kepada pihak ketiga lainnya tanpa persetujuan tertulis Klinika.
      2. Menyebarkan virus, spam atau teknologi sejenis lainnya yang dapat merusak dan/atau merugikan Klinika dan/atau Pengguna lainnya.
      3. Menyakiti, menyiksa, mempermalukan, memfitnah, mencemarkan nama baik, mengancam, mengintimidasi atau mengganggu orang atau bisnis lain, atau apapun yang melanggar privasi atau yang Kami anggap cabul, menghina, penuh kebencian, tidak senonoh, tidak patut, tidak pantas, tidak dapat diterima, mendiskriminasikan atau merusak.
      4. Menggunakan Produk Klinika untuk tujuan pelanggaran hukum, tindakan penipuan atau tindakan komersil.
      5. Menggunakan Produk Klinika untuk mendistribusikan iklan atau materi lainnya yang tidak diinginkan atau diizinkan oleh Klinika.
      6. Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali: hak paten, merek dagang, hak cipta, rahasia dagang, publisitas, dan hak milik lainnya.
      7. Membuat, memeriksa, memperbarui, mengubah atau memperbaiki database, rekaman atau direktori Anda ataupun orang lain.
      8. Mengambil atau mengumpulkan data pribadi dari Pengguna lain, termasuk namun tidak terbatas pada alamat e-mail, tanpa persetujuan Pengguna tersebut.
      9. Memasukkan atau memindahkan fitur pada Produk Klinika tanpa persetujuan tertulis dari Klinika.
      10. Menempatkan informasi atau aplikasi lain yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga lainnya di dalam Produk Klinika.
      11. Mengubah atau mengatur ulang bagian apapun dalam Produk Klinika yang akan mengganggu atau menaruh beban berlebihan pada sistem komunikasi dan teknis kami.
      12. Mengunakan kode computer otomatis, proses, program, robot, net crawler, spider, pemrosesan data, trawling atau kode computer, proses, program atau sistem ‘screen scraping’ alternatif.
      13. Melanggar Syarat dan Ketentuan, atau petunjuk lainnya yang ada pada Produk Klinika.
    3. Kami tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil maupun immateriil yang timbul dari pemakaian Produk Klinika oleh Pengguna, atau atas klaim apapun yang terkait dengan pemakaian Aplikasi oleh Pengguna.
    4. Kami tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian atau kerugian langsung maupun tidak langsung yang disebabkan oleh interaksi atau komunikasi antara Dokter dengan Pengguna. Klinika juga tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau tindakan kriminal yang dilakukan oleh para Dokter selama pemberian jasa atau layanan melalui Produk Klinika. Dalam hal ini, Dokter hanyalah merupakan mitra kerja Klinika.
    5. Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan yang diluar perkiraan saat Pengguna mengakses atau menggunakan Produk Klinika. Ini termasuk kehilangan penghematan yang diharapkan, kerugian finansial atau fisik karena adanya kesalahan dalam pengambilan tindakan medis oleh Penyedia Jasa Kesehatan atau kehilangan atau kerusakan dalam bentuk apapun yang Anda harus alami akibat penggunaan Produk Klinika.
  5. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
    1. Semua Hak Kekayaan Intelektual yang ada di dalam Produk Klinika adalah kepunyaan dari Kami.
    2. Nama, ikon, dan logo Klinika merupakan hak cipta dan merek dagang yang dilindungi undang-undang Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    3. Tiap atau keseluruhan informasi dan materi dan konten, termasuk tetapi tidak terbatas pada, tulisan, perangkat lunak, teks, data, grafik, gambar, audio, video, logo, ikon atau kode-kode html dan kode-kode lain yang ada di Produk Klinika dilarang dipublikasikan, dimodifikasi, disalin, digandakan atau diubah dengan cara apapun di luar area Produk Klinika tanpa persetujuan tertulis dari Kami.
    4. Pelanggaran terhadap hak-hak dalam Produk Klinika dapat ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
    5. Anda dapat menggunakan informasi atau isi dalam Produk Klinika hanya untuk penggunaan pribadi non-komersil. Kecuali ditentukan sebaliknya dan/atau diperbolehkan secara tegas oleh undang-undang hak cipta, maka Pengguna dilarang untuk menyalin, membagikan ulang, mentransmisi ulang, mempublikasi atau melakukan tindakan eksploitasi komersial dari pengunduhan yang dilakukan tanpa persetujuan tertutlis pemilik Hak Kekayaan Intelektual tersebut. Dalam hal Pengguna telah mendapatkan izin yang diperlukan maka Pengguna dilarang melakukan perubahan atau penghapusan. Pengguna dengan ini menyatakan menerima dan mengetahui bahwa dengan mengunduh materi Hak Kekayaan Intelektual bukan berarti mendapatkan hak kepemilikan atas pengunduhan materi Hak Kekayaan Intelektual tersebut.
  6. BIAYA PENGGUNAAN DAN CARA PEMBAYARAN
    1. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan Aplikasi Klinika melalui membership Free atau Premium bagi Dokter, sebagai berikut:
      1. Free Membership memberikan akses kepada Pengguna untuk mengakses (dokter) fitur atau layanan berikut ini:
        • Jadwal ketersediaan dokter dapat dipantau realtime oleh pasien.
        • Appointment dokter dapat dibuat online 24 jam.
        • Manajemen keuangan praktek dokter.
        • Seluruh data tersimpan aman di cloud.
        • Registrasi via apps.
        • Satu akun untuk semua kebutuhan.
      2. Premium Membership memberikan akses kepada Pengguna untuk mengakses fitur atau layanan berikut ini:
        • Semua fitur Free.
        • Dapat join ke klinik atau praktek dokter bersama.
        • Backup data medical record pasien lama.
        • Attach file pelengkap medical record (seperti foto, hasil lab, dll).
        • Akses ke stok obat – obatan apotik di klinik.
    2. Klinika dapat melakukan perubahan tarif atau harga jasa ataupun produk yang ditawarkan atau dijual dalam Aplikasi sewaktu-waktu, tanpa memerlukan persetujuan Pengguna.
    3. Apabila Pengguna mencurigai adanya aktivitas yang tidak wajar sehubungan dengan akun Pengguna, Pengguna dapat segera menghubungi Klinika agar Klinika dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk melakukan penangguhan segala transaksi yang berasal dari akun Pengguna. Klinika juga dapat melakukan tindakan penangguhan transaksi tersebut secara mandiri berdasarkan identifikasi.
    4. Apabila Pengguna merasa tidak puas dengan layanan yang didapatkan, Pengguna dapat meminta pengembalian dana (refund) dan Klinika akan memproses permohonan ini secara kasus per kasus (case-by-case basis).
  7. KOMENTAR DAN MASUKAN
    Jika Anda ingin memberikan komentar, masukan, ataupun sanggahan mengenai tiap atau keseluruhan konten dan informasi dalam Produk Klinika ataupun layanan yang diberikan oleh Penyedia Jasa Kesehatan yang terdaftar di Klinika, Kami juga menyediakan sarana chat/messaging, kontak email, blog, ataupun media sosial milik Kami. Anda diperbolehkan untuk memberi komentar, dan setuju bahwa jika diperlukan, akan Kami pergunakan untuk kepentingan informasi dan ditampilkan di Situs Kami. Dan harap diperhatikan bahwa komentar, masukan, atau sanggahan yang Anda berikan tidak boleh bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini.
  8. PEMESANAN KONSULTASI (APPOINTMENT)
    1. Anda bisa melakukan pemesanan konsultasi (appointment) atas jasa-jasa yang ditawarkan oleh Penyedia Jasa Kesehatan yang ditampilkan di Produk Klinika. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas pilihan jasa kesehatan yang anda pesan melalui Produk Klinika, dan Kami tidak bertanggung jawab atau dapat dipersalahkan atas kehilangan atau kerusakan yang mungkin Anda terima akibat produk atau layanan yang Anda dapatkan dari Penyedia Jasa Kesehatan melalui Produk Klinika, atau atas tindakan, penghapusan atau kesalahan Pihak Ketiga yang disebut di Produk Klinika.
    2. Segala pemesanan konsultasi (appointment) yang Anda lakukan melalui Produk Klinika tidak semerta-merta menjadikan Klinika bertanggung jawab atas segala tindakan medis yang dilakukan terhadap Anda oleh Penyedia Jasa Kesehatan pada saat konsultasi berlangsung. Anda menyetujui untuk melepaskan Klinika dari segala tanggung jawab atas kesalahan-kesalahan yang terjadi ataupun atau kelalaian yang dilakukan oleh Penyedia Jasa Kesehatan dalam bentuk apapun.
    3. Anda bertanggung jawab untuk memenuhi setiap pemesanan konsultasi (appointment) yang Anda lakukan melalui Produk Klinika. Setiap data yang Anda berikan dalam rangka melakukan pemesanan konsultasi (appointment) melalui Produk Klinika sudah Anda jamin kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan hukum.
  9. ATURAN KEANGGOTAAN
    Selain menampilkan informasi mengenai Penyedia Jasa Kesehatan dan Produk Klinika lainnya, Kami juga menyediakan keanggotaan bagi Anda selaku Pengguna. Anda dapat memberikan informasi mengenai riwayat kesehatan Anda dan kami akan menyimpan serta menampilkannya dalam profil Klinika Anda.
    1. Sebelum menjadi Anggota (atau disebut dengan Pengguna Terdaftar), Anda diwajibkan membuat akun untuk diri Anda. Proses pembuatan akun dapat dilakukan secara online melalui situs klinika.id atau sesuai dengan ketentuan Produk Klinika lainnya.
    2. Sebelum menjadi Pengguna Terdaftar, Anda diwajibkan membaca, memahami, dan mematuhi Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang berlaku bagi setiap Produk Klinika.
    3. Anda diharuskan memberi data informasi pribadi yang sebenarnya dan tidak memberikan informasi menyimpang dan/atau informasi yang tidak relevan dalam melakukan proses registrasi menjadi Pengguna Terdaftar. Selain itu Anda juga diharuskan memberi kontak detail yang benar dan valid.
    4. Kami berhak untuk tidak memproses registrasi Pengguna yang tidak memenuhi persyaratan ataupun tidak memberikan informasi yang benar dan valid, dan Kami berhak juga mengeluarkan Pengguna Terdaftar dari keanggotaan jika di kemudian hari ditemukan hal-hal yang melanggar ketentuan dari Kami.
    5. Pengguna yang telah sukses melakukan proses registrasi, dan menjadi Pengguna Terdaftar, dapat melakukan akses keanggotaan kapan pun di Produk Klinika.
    6. Semua Pengguna Terdaftar wajib mematuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku di setiap Produk Klinika, dan tidak diperkenankan melakukan tindakan-tindakan seperti tertuang dalam poin 3.2, baik dalam keanggotaan setiap Produk Klinika ataupun partisipasi dalam forum-forum lainnya yang terkait dengan Produk Klinika.
    7. Setiap Pengguna Terdaftar harus merahasiakan kata sandi untuk mendaftar di aplikasi Klinika.
  10. ATURAN KHUSUS BAGI PENYEDIA JASA KESEHATAN
    Aturan ini merupakan aturan khusus yang berlaku bagi Penyedia Jasa Kesehatan.
    1. Penyedia Jasa Kesehatan menyatakan serta menjamin bahwa segala data dan/atau informasi yang diberikan kepada Klinika merupakan data dan/atau informasi yang sebenar-benarnya, serta dapat dipertanggungjawabkan di hadapan hukum.
    2. Segala data/dan atau informasi yang diberikan kepada Klinika yang kemudian ditampilkan di dalam profil Penyedia Jasa Kesehatan di dalam Produk Klinika semata-mata merupakan tanggung jawab dari Penyedia Jasa Kesehatan.
    3. Dalam hal serta keadaan apapun Klinika tidak dapat dituntut ataupun diminta ganti rugi atas kesalahan dalam penyajian data dan/atau informasi yang dihasilkan dari ketidakbenaran data dan/atau informasi yang diberikan kepada Klinika oleh Penyedia Jasa Kesehatan.
    4. Klinika memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan data dan/atau informasi yang diberikan oleh Penyedia Jasa Kesehatan dan hanya akan membuka data dan/atau informasi yang diberikan atas izin dari Penyedia Jasa Kesehatan yang memiliki data dan/atau informasi terkait.
    5. Poin di atas tidak dapat dijalankan Klinika dalam hal pelaksanaan kewajiban Klinika di hadapan hukum untuk membantu para penegak hukum di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk membuka setiap data dan/atau informasi yang diberikan oleh Penyedia Jasa Kesehatan kepada Klinika, yang diperlukan dalam hal investigasi resmi dan/atau pelaksanaan penegakan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  11. PENUTUP
    1. Penggunaan dan akses ke Produk Klinika diatur oleh Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi Kami. Dengan mengakses atau menggunakan Produk Klinika, berarti Anda telah memahami dan menyetujui serta terikat dan tunduk dengan segala syarat dan ketentuan yang berlaku di Situs ini.
    2. Hubungan antara Klinika dan Pengguna merupakan suatu hubungan independen dan tidak memiliki hubungan keagenan, kemitraan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau pemilik waralaba-pewaralaba yang akan dibuat atau dibuat dengan adanya Perjanjian ini.
    3. Judul di dalam Perjanjian ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam pasal atau ketentuan tersebut.
    4. Kami berhak untuk menutup atau mengubah atau memperbaharui Syarat dan Ketentuan ini setiap saat tanpa pemberitahuan, dan berhak untuk membuat keputusan akhir jika tidak ada ketidakcocokan. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam bentuk apa pun yang timbul akibat perubahan pada Syarat dan Ketentuan.
    5. Klinika memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut hak untuk setiap pelanggaran atas Perjanjian ini sepanjang yang dimungkinkan dan diperkenankan oleh hukum.
    6. Pengguna dengan ini mengakui bahwa Klinika memiliki hak untuk memonitor akses penggunaan Produk Klinika untuk memastikan kepatuhan Para Pihak atas Perjanjian ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    7. Apabila terdapat 1 (satu) atau lebih ketentuan di dalam Perjanjian ini yang dinyatakan tidak berlaku, melawan hukum atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia maka keadaan tersebut tidak akan mempengaruhi keberlakuan ketentuan-ketentuan lain dalam Perjanjian ini. Dalam hal terjadi keadaan tersebut, Para Pihak berjanji untuk tetap berusaha memenuhi segala ketentuan yang terdapat di dalam Perjanjian ini.
    8. Segala sengketa yang berkaitan dengan Perjanjian ini, akan pertama-tama diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat oleh Para Pihak. Dalam hal penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat tidak dapat dilakukan, Para Pihak memutuskan untuk menyelesaikan konflik yang terjadi melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) sesuai dengan prosedur yang berlaku di BANI.
    9. Perjanjian ini diatur, ditafsirkan, serta dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Para Pihak diwajibkan untuk tunduk kepada semua peraturan yang berlaku di Indonesia.